Tuesday, October 16, 2012

That's Why I'm Blogging


Banyak alasan orang untuk membuat blog. Termasuk saya, banyak pertimbangan saya untuk akhirnya membuat sebuah blog dan mempublikasikannnya di sosial media di facebook ataupun twitter. Dan akhirnya banyak pro dan kontra di balik itu semua. Ya, sebagian besar yang saya share di social media adalah catatan perjalanan. Seorang teman mendorong saya untuk terus menulis catatan perjalanan segera sebelum lupa. Bener juga yaa.. Beberapa teman bilang kagum dengan cerita-cerita saya di blog. Bahkan ada juga yang bilang saya sudah terlalu lebay sehingga memamerkan semua pengalaman saya di blog dan disebarluaskan melalui social media. Catatan perjalanan harusnya tidak diumbar begitu, simpan saja di otak untuk bekal cerita anak cucu kita nanti. Masuk akal juga.

Saya tidak ambil pusing dengan tanggapan mereka. Anggap saja mereka semua menyayangi saya, yang pro maupun yang kontra. Tidak lain karena mereka masih memperhatikan saya. Bukankah saat ini banyak yang keranjingan ngeblog? sebut saya lewat micro bloggging atau lebih familiar dengan sebutan twitter. Sama saja kan? Bedanya, blog sifatnya lebih personal. Namun, masih banyak yang salah kaprah dan menyamakan cara main twitter disamakan dengan main facebook. Move on donk kakaaa :D.

Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.

Saya sepakat dengan opini tersebut. Blog merupakan buku harian online, modernisasi dari buku diary. Koleksi link, karena kita bisa menyimpan web atau blog manakah yang ingin kita ikuti karena memiliki informasi yang bagus atau memiliki passion yang sama dengan kita. Juga bisa sebagai tempat untuk menuangkan pemikiran-pemikiran kita. Kita bisa bebas berekspresi di dalamnya.
Yang paling luar biasa adalah catatan untuk dunia. Yup, tulisan kita bisa dinikmati dan memberikan informasi untuk orang lain di seluruh dunia.

Jauh sebelum saya membuat blog ini, saya suka sekali blog walking. Alasannya simple, saya suka baca. Mulai dengan fashion blog, atau blog yang isinya ctatan perjalanan, blog yang menceritakan kehidupan sehari-hari si empunya blog, bahkan sampai blog yang berisikan materi kuliah. Ya, semuanya memang menarik, tergantung passion kita dimana. Luar biasa menginspirasi, mungkin tanpa disadari si penulis, tulisannya hanya untuk iseng saja bercerita pengalamannya, namun kadang ada sesuatu yang terselip di dalamnya, inspirasi. Atau kadang kala kita merasakan senasib dengan si pemilik blog.

Bukan secara tiba-tiba saya membuat blog. Mungkin karena saya merasa manfaat yang lebih akan saya dapatkan dengan membuat blog. Saya bisa memperoleh banyak informasi darinya, sesuai dengan passion saya tentunya. Saya bisa menyimpan link-link penting yang suatu saat akan saya butuhkan. Saya bisa menuliskan pengalaman maupun pemikiran saya. Ya, saya membuat blog ini lebih karena kebutuhn saya.

Untuk menghindari pro kontra, mungkin saya tidak lagi men-share nya di social media. Biarlah saya tetap menulis. Biarkan mereka datang ke tempat ini karena mereka memang mendapat manfaat dari blog ini.

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman