Tuesday, October 2, 2012

Kuliner Absurd: Nasi Goreng Jancuk

Bukan, bukan maksud saya mau misuh (mengumpat)
Mungkin beberapa teman ada yang belum tau, 'Jancuk' adalah umpatan khas arek Suroboyo, atau kalau bule bilang 'fu*k'. Atau juga arek Jogja bilang 'asu' hhehee. Namun sekarang penggunaan kata 'jancuk' tidak lagi tabu, bahkan sudah biasa terdengar sehari-hari, misalnya bertemu dengan teman lama "Heh cuk! nangdi ae gak tau ketemu?" (Heh cuk! kemana aja nggak pernah ketemu?).

Ini adalah nama salah satu kuliner di Surabaya, Nasi Goreng Jancuk. Saat ini menjadi menu khas dan paling banyak diminati di Surabaya Plaza Hotel (sebelahan sama Plaza Surabaya). Mungkin suatu saat nanti bisa jadi kuliner khas Surabaya :)


Berawal dari ajakan iseng seorang teman, yang katanya kangen kumpul2. Akhirnya kita sepakat untuk bertemu sekalian makan malam. Nah, bagian ini selalu menjadi paling lama, apalagi kalau bukan penentuan tempat kita mau makan apa dimana?. Selalu saja suara tertinggi dimenangkan oleh 'sembarang'. Sampai akhirnya telah diputuskan atas dasar penasaran, kita sepakat untuk makan nasi goreng jancuk.

Menurut info dari salah satu teman yang pernah makan, rasanya memang benar2 luar biasa pedas. Saya penasaran sepedas apa sih rasanya....
Ketika sudah sampai di lokasi restoran SPH, receptionisnya seolah paham kalau para muda mudi gembel macam kita pasti bukan potongan seorang tamu hotel. Pasti bisa ditebak, mau mencoba menu nasi goreng jancuk? Iya. Saat ini menu tersebut menjadi semacam primadona di hotel ini.

Ada dua macam pilihan rasa, anggur, jeruk sedang dan super pedas. Selagi teman2 masih pada mikir, tanpa mikir saya langsung saja teriak, sedang mbak!! :D. Hahahaha, saya kan gak doyan pedes. Seporsi nasi goreng jancuk dihargai Rp 99.500. Mahal amat? tenang, seporsi ini bisa dimakan untuk 5-6 orang.


Lumayan lama untuk menunggu datangnya menu ini, daaaan, agak sedikit shock juga waktu si mbak datang dengan membawa wajan. Seporsi nasi goreng jancuk disajikan langsung dengan wajannya dengan satu pitcher es teh manis dan satu kerupuk udang. Serba satu!! 
Jancuuuk!! nasi goreng sebanyak ini cuma dikasih satu kerupuk????? Nggaple'i.
Nasi goreng lengkap dengan, taburan bawang goreng, irisan telur dadar, acar timun, tomat, ayam, udang. Serbuuuu!!!! suapan pertama, ahh biasa, suapan kedua lumayan, suapan ketiga (porsi telur dan ayam lebih banyak daripada nasi), suapan keempat...ambil es tehh. hu hah hu haa (udah gak sanggup lagi mau bilang jancuk). Pedesss meeeeeeeeeenn. Tapi enak sihh bikin nagih heheh

serba satu!!
Ini sih namanya cabe goreng pake nasi. Warna merahnya benar-benar alami dari cabe rawit, bukan saus tomat. Nasi belum abis, perut udah panas -__________-"
Dan, tentu saja efek jancuknya akan segera terasa esok harinya :p



Nah, kalau yang penasaran pengen buat sendiri, nihh saya bagi resepnya.

Bahan Nasi Goreng Jancuk Jumbo :

* Nasi putih, 400 gram, siap pakai
* Telur ayam, 2 butir, kocok lepas
* Udang kupas, 50 gram
* Daging kepiting, 30 gram

Bumbu :

* Bawang merah, 5 butir, cincang
* Bawang putih, 4 siung, cincang
* Cabe merah, 4 buah, cincang halus
* Cabe rawit, 25 buah, potong halus
* Terasi matang, 1/4 sendok teh
* Garam secukupnya
* Penyedap rasa, 1/4 sendok teh
* Mentega, 1 sendok makan
* Minyak goreng, 2 sendok makan

Pelengkap :

* Acar mentimun
* Kerupuk udang

Cara membuat Nasi Goreng Jancuk Jumbo :

1. Panaskan mentega hingga leleh, lalu tuang telur sambil diaduk hingga berbutir, angkat, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, terasi dan cabe rawit hingga harum, lalu masukkan udang kupas dan daging kepiting, masak hingga berubah warna.
3. Masukkan nasi putih dan telur, lalu tambahkan bumbu garam dan penyedap rasa ( bila suka ), aduk hingga bumbu meresap dan matang. Angkat.
4. Sajikan dengan pelengkapnya.

source:TKP


Selamat mencoba, silahkan rasakan sensasi jancuknya :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman