Monday, September 24, 2012

Surga itu Bernama Madakaripura


Madakaripura? Masih sangat asing di telinga saya. Mengunjunginya saja tanpa rencana. Ternyata oh ternyata adalah sebuah nama air terjun. Air terjun Madakaripura, lokasinya berada di kabupaten Probolinggo, tepatnya di desa Sapeh, kecamatan Lumbang. Masih termasuk di wilayah TNBTS (Tamana Nasional Bromo Tengger Semeru) dan bisa ditemui di jalur turun dari Gunung Bromo menuju arah Surabaya.
Saya pun kesana tanpa kesengajaan, karena hanya ‘mampir’ sebentar setelah puas menikmati sunrise di Pananjakan.

Kami berangkat dari Surabaya pada malam, sekitar jam 8an kalau nggak salah inget hehe dengan naik motor yeayy. Sempat numpang makan nginep sebentar di rumah salah satu teman di pasuruan. Lanjut lagi perjalanan sekitar tengah malam dan sampai di loket menuju Penanjakan sekitar jam setengah 3 pagi dan ternyata belum bukaaaaa. Ngemper lah kita dijalanan sambil nawar2 kupluk & sarung tangan. Kalo saya sih udah bawa semua *pelit hahahahah

Loket dibuka, yuukk cuss langsung cari parkiran. Berhubung kita bawa motor, jadi parkirnya deket banget sama lokasi :D (penting!!). Karena waktu itu bukan musim hujan jadinya dingiiiin banget, yaudah lahh mampir ke warung buat numpang makan indomie + ngopi + anget2an. Puas, kita langsung ke lokasi buat liat sunrise di Pananjakan. Ternyata rameee udah kayak pasar -____-“. Penuh bule2 berbadan besar, pasrah lah saya duduk2 aja percuma rebutan tempat sama bule pasti kalah tinggi+gedhe yaaa kan saya imut2 begini..*kedip manja ala cherrybelle

Subhanalloh, sunrisenyaaa sukaaaa..Pemandangannya apalagi pas udah terang. Keliatan gunung Bromo sama Semeru yang ngeluari asep. Kenapa asepnya gak keluar pas saya kesana sihh *ngambek *dan gak ditanggepin sama Semeru *yaiyalah #PLAK!!

belom nongol mataharinya -_____-"


Semerunya berasaaap
Lapeeeer lagii..eh ada yang jualan kentang (entah bakar apa goreng) pokoknya enak banget dehh. Kenyang yuuk lanjut ketujuan berikutnya gunung Bromooo lewat lautan pasir *tsaaah. Yang laen pada naek jeep kita naek….tetep naek motor :D. Sambil ngantuk, nahan rem biar gak jatoh sambil nyasar wakakaka akhirnyaa jatoh juga :D. Istirahat bentar sambil menikmati pemandangan. 


Luar biasa yaaa Indonesiaaa Indaaah :)) Ternyata asik juga bermotor ria lewat pasir. Asik pas jatoh maksudnya nyahahaahaa. Gak lama udah nyampe gunung Bromonya, nawar2 kuda dan akhirnya kita gak jadi naek :p. Selain karena kita udah pernah kesana, panas, Bromonya kotor abis erupsi dulu. Akhirnya kita langsung pulaaaaang.

Udah segitu aja?? Eits enggak dong! Ada salah satu temen nyeletuk ke Mardakaripura aja yoook. Sempet bertanya-tanya panganan opo iku? Ternyata nama air terjun toh. Baru tau :p. Yaudah kita lanjut jalan sambil tanya orang2 dimanakah letaknya? Karena kita gak ada yang tau, bahkan yang punya ide pun Wkwkwk

Sekitar jam 9 pagi, ternyata nggak susah nyarinya, kalo dari Bromo kita tinggal ngikutin trek turun aja. Setelah sampai di persimpangan jalur Probolinggo atau Surabaya, kita pilih yang arah ke Surabaya. Tinggal ikuti jalur, sampe ada plang besar menuju ke arah Madakaripura. Udah tinggal ngikutin jalan sama penunjuk jalan. Daaaan nyampe juga alhamdu…lilllah.
Naroh motor di parkiran, dan kita disambut patung Gajah Mada. Konon, katanya tempat ini dulu tempat Gajah Mada bersemedi.  Ternyata air terjunnya masih jauh, dan kita harus jalan sekitar setengah jam. Tenang udah ada jalurnya, tapi banyak yang putus mungkin kena longsor. Jadi sesekali kita harus turun lewat sungai dan kembali pada jalur yang benar.

disambut patih Gajah Mada
Jalan setapak
Udah mulai denger suara aiiiiir, tambah semangat dong jalannya. Disana udah mulai tercium bau tanah basah, yeahh khas air terjun yang lembab. Lagi-lagi sukaaaa. Awalnya ngeri juga yaa karena kita berdiri diapit tebing-tebing yang tinggi. Jalan bentar, udah keliatan airnya. Kok banyak yang nawarin payung? Ternyata air terjunnya *deng deng!! Indah yaaa.. Jadi kita harus ngelewatin sungai yang dingiiiin, dan air terjunnya, mungkin sekitar 3 air terjun yang menyembur dari sela-sela tebing dan menggerojok (menggerojok?? Abaikan) dari ketinggian 50 meter sepanjang trek menghujani daerah dibawahnya. Kalau dilihat seperti tirai yeayy tirai air. Yang lewat pasti basah.

Tirai air
dari dekat
ujan-ujanan melewati tirai 
ada bidadarinya :')
Owh cuma segitu air terjunnya. Enggak dong.. air terjun utamanaya masih jauh. Eumm air terjun yang tadi itu semacam koridor atau pintu gerbang untuk menuju air terjun utama. Maksudnya mungkin supaya kita bersih yaa (analisis sotoy). Terdengar bunyi grudak gruduk ternyata monyet2 di atas pada ngelemparin batu karena kita manusia pada berisik di bawah. Iya, di atas itu hutan. Wooooww

Langsung ajah yuuk fokus ke air terjunnya



air terjun utama, dalamnya sekitar 7 meter


Kolam tersebutlah tempat mandi patih Gajah Mada, di belakang air terjun utama terdapat gua tempat Gajah Mada bersemedi. Liat kan ada air terjun dibawah itu? iyaa yang kecil itu. Biasanya dibuat repeling lho.. Asik kaaan :))

Kayak sumur yaaa..Dan kita sedang berada di dasar sumurnya.



Karena udah mulai mendung dan khawatir kalau terlanjur hujan bakalan banjir (ngerii) akhirnya kita balik ke parkiran. Mandi2, tidur-tiduran dan pulaaaang. Ada hal yang agak mengganggu disini. Pas kita ambil motor tiba2 dimintai uang buat bayar jasa cuci motor -_________-“. Kan kita gak minta dicuciiiin, udah gitu motornya masih kotor, Cuma disiram2 aja pake aer. Capekk ahh mau debat. Lemparin uang ajah (iya kita lempar gak kita kasih).

Kecewa sihh, tapi tetap tidak mengurangi rasa kagum kita pada keindahan Madakaripura.
Surga itu dekat, di Indonesia kita ternyata..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman