Wednesday, September 19, 2012

Harta Karun di Pulau Buton

Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang potensi alam Indonesia, yupp negara kita tercintah Indonesia raya merdeka-merdeka ini..Mari para penumpang segera dipasang sabuk pengamannya karena kita akan segera terbang ke pulau Buton. Yak pulau Buton yang terletak di kaki pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Tenggara-Indonesia. Mari kita teropong penampakannya kalo belum tahu dimanakah letaknya pulau itu. cekibrotzzz...

pict from here
Nah, saya tertarik untuk sedikit mengulas tentang pulau ini karena kebetulan ditayangkan di salah satu episode dalam acara Jejak Petualang. Dari situ, saya dibuatnya terkagum-kagum karena ternyata pulau terluas ke 130 di dunia ini kaya akan potensi alam. Yukk mari kita bahas bersama-sama..


Aspal Alamnya
Pulau ini ternyata salah satu penghasil aspal alam di dunia, tepatnya di kecamatan Pasarwajo. Kenapa salah satu? karena hanya ada 2 di dunia. Mari kita ulangi bersama D-U-A (jangan bayangin Ayu Ting Ting di iklan *****mie) -Mari bangga bersama- . Hanya di pulau Buton dan di pulau Trinidad di laut Karibia. Dan ternyatanya lagi, kandungan aspal alam di pulau Buton lebih banyak lho daripada di Trinidad. Diperkirakan mencapai 450juta ton (empat ratus lima puluh juta ton). Dan diperkirakan gak akan habis sampai 200 tahun kedepan. Truss gue harus bilang WAWW gitu?? iya dong!! IHH WAWW

presenter JP di lokasi penambangan aspal
Waww banget gak tuh?. Saya ngiranya, aspal tuh adanya di dalem perut bumi gitu. Eh ternyata ada juga yang berada di dalem perut bumi dan akhirnya sampai nyembul ke permukaan gitu. sayang gak nemu fotonya :(. Sampe bisa ngangkat pohon di atasnya gitu sampe akarnya keluar-keluar.
Tapi sayangnya aspal Buton belum bisa memenuhi kebutuhan aspal nasional yang hanya 1,3 juta ton aja lho. Kenapa? Lagi-lagi karena SDMnya lah, teknologi lah, padahal pengelolaannya bisa menghemat APBN, juga mengurangi pengangguran di daerah setempat. Sayangnya, aspal mentah -yang belum diolah- ini di ekspor ke  China dengan menggunakan kapal, yang otomatis bahan bakarnya minyak kaaan.. Biaya lagi kan tuh.

Nah selain itu, di Buton ini juga ada benteng yang panjaaaang banget, sekitar 27 hektar dan ternyata benteng terluas di dunia. Bagi Waww nya lagi dong!
Lebih menarik lagi, benteng ini bukan warisan penjajahan, tapi murni buatan manusia Buton zaman dulu, waktu Kerajaan dan Kesultanan Buton berjaya pada zamannya.


Daaaan, ternyata di Pulau ini terletak kabupaten Wakatobi. Yak, emang saya super kuper banget baru tau kalo Wakatobi adanya di Buton -_______-". Apaaaahhh? ada yang gak tau Wakatobi? Meeen, hari giniii...silahkan cari di google aja yah, capek ahh jelasinnya. Itu lho yang lagi In banget karena pesona alam lautnya yang SubhanAllah banget lah kerenyaa.

terumbu karangyaaaaa

Uhh...surga deh yaaaa
Ikannyaaaa
Saking populernya nih yaaaa, Wakatobi dikenal sebagai kabupaten yang memiliki terumbu karang terbaik di dunia. Wajar kalo banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung kesana. Nah disana juga ada hutan Lambusango yang berlabel sebagai ‘Paru-paru dunia’ dan dalam pengawasan LSM-LSM asing. Belum tercatat Kabupaten Buton Utara (Butur) yang berdasarkan kajian para peneliti memiliki deposit tambang Mangan bahkan Uranium. Wow!!

Warga asing aja peduli lho sama alam kita. Lah kita kok malah seenaknya aja ngerusak-rusak :(. Simpel sih ya, mulai sekarang BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA heheheh
Kadang sedih juga ya, liat gunung pantai yang pada banyak sampah kececeran. Apalagi temen yang ngakunya pecinta alam, pendaki gunung, lha kok malah ninggal sampah disana. Eumm semoga Wakatobi tetep alami yaa walopun udah gak 'perawan' lagi. Setidaknya sampai saya berhasil menginjakkan kaki kesana muahahahaha



Titus xxth ingin gemuk dan ke Wakatobi #eaaaa



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman