Thursday, February 14, 2013

5 cm The Movie Review



Judulnya gak menarik yaa..biarin suka-suk gue, blog-blog punya gue...masalah buat lho *ditimpuk konde sama Shoimah*
Jadi, para pembaca yang budiman (resmi bener yak) saya akan memenuhi janji saya beberapa....waktu lalu, sampe lupa kan kapan bikin janjinya saking lamanya -_______-". Yak, pastinya mereview film 5 cm yang pastinya udah ditunggu-tunggu (yaelah postingan telat gini siapa yang mau nunggu).

Pas nonton sih, sebenernya gak direncanain meskipun dari jauh-jauh hari udah niat banget pengen nonton nih film. Penasaran gimana hasilnya film yang diadaptasi dari novel yang keren banget itu. Tapi lama-lama jadi agak males juga mau nonton gara-gara katanya rame banget penontonnya. Apalagi salah satu temen bilang kalo filmnya biasa aja gak sesuai sama yang diharapkan.

Nah pada suatu Sabtu pagi kan ceritanya saya  lagi nganggur di kos, gak pulang karena.........orang rumah pada ke Bali semua, sialnya saya juga diajak tapi pas ujian. Ya Allah kutuk dosen2 saya ya Allah. akhirnya saya cuma guling-gulingan di kasur kosan aja. Eh tiba-tiba adek saya yang senasib sama saya sms, minta temenin ke perpus mau nyari buku. Okelah daripada nganggur. Eh lha kok tiba-tiba pacar saya sms udah di kosan aja, saya kan masih di kampus. Ternyata di luar ujan deres banget, dan senangnya pacar saya yang baik hati itu mau jemput saya di kampus. Dan saya meninggalkan adek saya begitu saja di perpus hahhahah.

Bingung ujan-ujan gini mau kemana, sekalia udah di luar, yaudah kita nonton 5 cm aja. 
Ini mau review film aja prolognya pnjang amat yaaaaa :p

****


Jadi gimana filmnya?
Baiklah yuk mari kita kupas, bawaaaang kali ah dikupas.

5 cm The Movie ini sebenernya diadaptasi dari novel berjudul sama, 5 cm karangan Dhoni Dirgantoro. Inti ceritanya udah pernah saya bagi di sini. Kalau novelnya, saya suka karena isinya banyak motivasi-motivasi gitu. Selain itu, di novel ini juga banyak mengeksplore keindahan alam Gunung Semeru di Jawa Timur. Sebagian besar settingnya diambil di sana. Novelnya udah lama saya baca, bahkan  udah ada sejak saya SMA, entah mengapa baru happening tahun ini ketika filmnya di buat.
Isi  filmnya sendiri gak jauh beda sama novelnya, bahkan dialognya. Mungkin karena  itu dialog di film ini jadi agak terkesan kaku. Saya suka kalimat-kalimat motivasi di novelnya, tapi entah mengapa di filmnya jadi agak terkesan lebay. Acting beberapa pemainnya juga agak kaku, terutama si Raline Syah yang berperan sebagai Riani  dan Pevita Pearce yang jadi Dinda. Aneh aja gitu liat actingnya. Yang paling juara emang si Junot yang jadi Zafran. Sumpah kocak abis. Alurnya sih gak membingungkan, dan tentunya gak membosankan karena emang dikemas dengan kocak jadi gak berhenti ketawa nontonnya.
Tapi saya nontonnya sedikit terganggu sih. Pertama karena pas saya nonton itu rame banget. Sumpah berisik banget deh, dikit-dikit ketawa ngakak, mana ketawanya gak berhenti-berhenti lagi sampe adegan lucu selanjutnya. Belum lagi tiba-tiba ada yang tepuk tangan. Hadeeeeeeh ternyata setelah film kelar baru saya sadar penontonnya sebagian besar adalah anak sekolah. Pantes mereka berisik banget. Akhirnya saya tau, penonton film ini sebagian besar adalah ABG dan mereka nonton bukan karena ceritanya melainkan ada Junot yang main di situ. Yasalaaaaaaaaaamm. Bagaimana saya tau? Karena Junot sering banget me-retweet mentionan followersnya yang sebagian besar ABG itu. Ya, mereka pamer foto kalo abis nonton 5cm -_________-“. Dasar Ababil. Iya..iya saya juga memfollow akun twitternya Junot *lari dikejar pembaca, lari kepelukan Junot eaaaaa*
Yang saya kecewa dan melenceng jauh dari ekspektasi saya adalah, pengambilan gambar setting Gunung Semerunya. Entah mengapa pengambilan gambarnya kurang pas menurut saya untuk menggambarkan keindahan Semeru. Untuk penonton lain mungkin biasa saja, tapi menurut saya yang udah pernah kesana *uhukk pamer*, inilah yang membuat keindahan alam yang dieksplore di film ini terkesan biasa saja. Saya membayangkan kalau cameramen-nya adalah cameramen program acara adventure di Trans7 atau Trans TV, pasti akan lebih bagus pengambilan gambarnya.
Beberapa adegan juga agak janggal dan terkesan berlebihan. Salah satu adegannya adalah ketika Ian dan Dinda jatuh terguling-guling ketika tertimpa batu. Aneh menurut saya. Hellowww, itu gunung kemiringannya hampir 60derajat. Jadi, kalau ada yang jatuh sampai guling-gulingan begitu bias dipastikan bakalan jatuh ke jurang. Nah Dinda sama Ian bias berhenti jatuhnya gitu, mana ada dataran di sono, kan medannya miring semua -____________-“. Ternyata usut punya usut, kata temennya saya, shooting  adegan itu dilakukan di Bromo. Hmmmmmm pantessssssss. Ada juga adegan di novel yang menurut saya bagus tapi tidak dieksplore di filmnya. Adegan yang saya suka itu pas Junot eh, Zafran udah sampe puncak trus liat ke bawah. Waaaaaaaaaah, lautan awan itu beneran nyata.
Sayangnya sisi mistis Gunung Semerunya kurang ditonjolkan. Bahayanya, gara-gara film ini Gunung semeru bakalan rame pengunjung yang pengen berekreasi (lu kata kebon binatang tempat rekreasi) dan hilang sudah keperawanannya. Eh Semeru cewe apa cowo sih? Ahh sudahlah semoga dia baik-baik aja, Ranu Kumbolo tetep Ranu Kumbolo, bukan kolam pancing ato kolam renang.
Untuk kostumnya juga agak aneh menurut saya, mereka mau naik gunung apa mau ke mall gitu? Saya aja kalo ke mall gak secakep itu *eh, ini mah emang dasarnya mereka cakep-cakep ya* Bukan masalah itu, tapi kostumnya itu lho, masa si Riani ke gunung Cuma pake tanktop tipis sama skinny jeans. Apa gak kedinginan tuhh. Saya aja pake baju lapis lima masih kedinginan -__________-. Sayangnya mereka sepertinya takut tampil jelek di kamera. Meskipun udah guling-gulingan dipasir tetep aja keliatan cakep. Padahal mah aslinya pendaki gunung mukanya udah buluk semua ga pernah mandi hwahhhahahaah (itu mah saya :p). Gara-gara film ini saya jadi pengen coba gitu dandan kece pas naik gunung, Gak Cuma pake skinny jeans tapi pake rok :D
Overall, saya nilai film ini biasa aja. Ya maaf, ini penilaian saya yang udah beberapa kali baca novelnya dan pernah kesana langsung jadi ya, ini penilaian subjektif saya. Maap-maap kalo ada salah kata, tapi saya salut sama semua pemainnya, mereka bener-bener mendaki sendiri pake kaki gak pake helicopter :))

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman