Monday, January 21, 2013

Banjir: Salah Gambar apa Manusianya?

Assalamualaikum everyone...
Sedih yaa setiap hari nonton berita TV tentang musibah banjir. Yup, baru masuk musim penghujan banjir udah melanda Indonesia. Parahnya ibu kota Jakarta ikut-ikutan terkena dampaknya. Kalau udah gini siapa yang mau disalahin? Rakyatnya rame di twitter bilang pemerintah gak becus ngatasin masalah banjir. Pemerintahnya di TV sibuk menghimbau supaya masyarakatnya nurut sama pemerintah. Hmmm..kalau salah-salahan terus begini ya percuma dongs gak bakalan kelar masalahnya...

Saya termasuk golongan yang mana? Saya adalah korban banjir saudara~~. Berhubung rumah saya ada di tepian sungai Bengawan Solo, ya bisa dipastikan tiap tahun kebanjiran. Tapi ini murni karena debit air yang semakin tinggi di musim penghujan. Saya gak buang sampah sembarangan, di rumah juga banyak pohon. Tapi tetep aja kebanjiran T.T (curhat).

Teman-teman masih ingat kan, pelajaran IPA waktu SD. Apa? gak ada yang namanya IPA? Oke, tapi sains ada kan? Kalian lahir taun berapa sih haaaaaaaahh? 2001? saya lagi UNAS SD taun segitu --"

Coba inget-inget lagi pelajaran tentang siklus hujan. Kurang lebih gambarnya kaya gini khaaan


Simpel sekali kan, air sungai + air tanah ngalir ke laut trus menguap menjadi awan. Dari awan itulah terjadilah hujan yang kemudian diserap tanah dan sebagian ditampung sungai atau danau. Trus ngalir ke laut lagi nguap lagi (bukan, air lautnya ga lagi ngantuk kok). Awannya jadi ujan lagi, awannya lucu deh kalo digambar. Kalian suka ga gambar awan?. Eh, maap gagal fokus :D
Yaa gitulah siklusnya muter mulu ampe kiamat.

Masalahnya adalah, semua gambar siklus air yang ada di buku itu gambar pemandangan alam yang banyak pohonnya, ada sungainya . Ijo banget deh pokonya. Menurut saya sih agak kurang relevan ya kalo anak SD jaman sekarang masih dikasih gambar begitu. Harusnya gambarnya berubah. Mestinya digambarin udah banyak bangunan tinggi-tinggi, pohonnya tinggal dikit, hutannya seupil. Jadi kan bisa keliatan tuh kalo ujan airnya ga bisa diserap tanah soalnya udah pada ganti aspal semua. Jadinya banjir dehh. Trus udah gitu yang harusnya ditampung sungai juga bakalan jadi banjir karena volumenya sungainya jadi semakin kecil akibat rebutan sama sampah. Sekian analisis sotoy saya wahhahahah

Jadi, adek-adek sekalian udah tau kan penyebab banjir apaan?Nih kakak kasih tau yaa. Salah satu penyebabnya adalah karena bumi kita udah banyak dibangun beton. Hutan udah digundulin semua. Intinya adalah daerah resapan air yang kurang. Alangkah baiknya kalau pembangunan gedung-gedung beton itu diimbangi dengan pembangunan sistem drainase (gimana sih yaa nulisnya, bodoh amat lah) yang bagus.

Dari rakyatnya, harus memulai membiasakan pola hidup yang ramah lingkungan. Hal kecil dengan membuang sampah pada tempatnya, syukur-syukur kalau sampahnya bisa di recycle.
Buat pemerintahnya, jangan asal teken pembangunan proyek dong bapak. Mentang-mentang untungnya gedhe.. Perbaikilah sistem tata kotanya. Mana nih lulusan sarjana teknik. Masa ngatasin masalah banjir aja ga bisa (ngaciiiiiiiiir)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manteman